Wednesday, November 6, 2019

Penonton yang Menyebalkan di Dalam Bioskop

Sejak jaman sekolah dulu, saya selalu mendengar tentang pengalaman teman-teman saya yang menemukan tingkah-tingkah ajaib para penonton film layar lebar yang mereka temukan. Di usia-usia pubertas seperti jaman SMA dulu, pasti yang paling menarik itu kalo ada teman yang menemukan penonton yang bermesraan di ruang publik tersebut; misalnya yang gelendotan, sayang-sayangan, hingga berciuman. Pasti jadi topik yang heboh dibicarakan di kelas keesokan harinya. Kalo sekarang mungkin gak tunggu besoknya, langsung di group WhatsApp kelas saat itu juga, pake live report. :))) Sayangnya, hingga saat ini saya sendiri belum pernah menangkap basah penonton yang melakukan hal demikian. Padahal kan pengen ya. #Bercanda :))

Tetapi, ada banyak hal unik maupun menyebalkan lainnya yang pernah saya alami di dalam bioskop. Kenapa unik? Karena saya masih gak habis pikir kok bisa-bisanya ada orang yang melakukan hal semacam itu dan gak merasa bersalah telah mengganggu penonton lain.

Beberapa tipe penonton menyebalkan tersebut antara lain:

1. Penonton yang membawa bayi

Hal ini saya alami ketika menonton Avengers: End Game. Bayi yang dibawa itu beneran yang masih bayi banget yang digendong ibunya di dalam bioskop menggunakan jarik. Tau jarik gak? Kain batik panjang yang biasa dipake ibu-ibu buat nidurin bayi itu.
Pasangan suami istri ini duduk berjarak beberapa seat dari saya di row yang sama. Awalnya saya gak ngeh dengan keberadaan mereka, namun semua berubah ketika tangisan si bayi menyerang. Di saat itulah mungkin kita sestudio ngeh kalo di dalam ada bayi merah yang diajak orangtuanya nonton. Mungkin gak merah juga sih, tapi setuju kan kalo kita bisa bedain yang mana suara tangis bayi dan mana suara tangis balita? Suara tangis nya beneran yang nangis banget, mungkin kaget dengan audio di dalam bioskop yang gak ramah terhadap kuping bayi. Dan apa yang dilakukan si orang tua? Ibuknya berdiri dong di tempat duduknya sambil menggendong dan ngepuk-pukin si bayi di dalam jarik. Sungguh saya salut dengan penonton yang ada di belakang mereka yang bisa menahan diri untuk tidak menegur.


2. Penonton yang membawa balita

Nah, yang ini saya yakin pasti banyak yang pernah melihat penonton yang membawa anak-anak untuk menonton film dengan rate BUKAN Semua Umur; bisa jadi film dengan rate 13+, 17+, bahkan dewasa. Terakhir nonton saya melihat orangtua yang membawa anaknya nonton film Joker dengan dalih ini kan film superhero, film anak-anak, padahal informasi sudah berserakan dimana-mana yang menyatakan bahwa film ini penuh dengan violence dan disturbing behavior. Sangat disayangkan juga pihak bioskop yang tidak mengambil tindakan tegas melarang penonton yang tidak memenuhi standar usia untuk menonton film dengan rate-rate tertentu.

Pernah suatu kali, saya sedang menonton Fast Furious 7. Baru juga film nya mulai, konsentrasi saya sudah terganggu karena tiba-tiba mendengar suara lagu anak-anak. Selidik punya selidik, ternyata yang duduk di atas saya adalah sepasang suami istri dengan seorang balita. Si anak diasup pake iPad supaya bisa tenang di studio. Sayangnya konsiderasi orang tuanya ke penonton lain kurang, si anak tidak di-provide dengan headphone sehingga bunyi nursery rhymes yang diputar di iPad si anak terdengar hingga ke kuping penonton lain. Kayanya cuma saya yang notice juga sih, soalnya gak ada penonton lain yang keliatannya terganggu. Mungkin karena saya duduk persis di bawah si anak (kami duduk di pojok sekali dan si anak di sudut pojok paling atas), atau mungkin juga karena kuping saya yang terlalu sensitif dan familiar dengan lagu anak-anak.

3. Penonton yang selfie

Yang ini agak susah diterima akal sehat. Kok bisa-bisanya ada orang foto-foto pake flash di dalam bioskop saat film sedang diputar. Mbok ya itu akal dimanfaatkan lho, Mbak. Sungguh saya speechless sekali waktu kejadian ini. Ntah kaget karena flash kamera apa gimana. Memang sih situasi bioskop agak lengang waktu itu, tapi tetap aja gak menjustifikasi tindakan selfie ber-flash di dalam bioskop gelap itu dibenarkan. Yang ini saya tegur btw.


Tiga kejadian ini sih yang paling ganggu dan meninggalkan kesan mendalam di dalam bioskop.
Bagaimana dengan kalian? Ada kejadian mengesankan gak waktu lagi nonton di bioskop?



2 comments:

Ferfau said...

Aku fokus ke tanggal posting yg ini dgn yang terakhir. Beneran jeda dua tahun. Wkwk

Ninda said...

BARU MAU KOMEN JARAK WAKTU 2 TAHUN eh udah ada yg komen duluan. merindukan posting2mu miss miww