Sunday, May 3, 2020

Hobi Musiman: Bercocok Tanam di Kala Bosan


Memasuki hari ke-40 #diRumahAja, (tapi baru update blog skrg) sudah berbagai macam hal rasanya yang dilakukan untuk menghabiskan waktu; menata ulang kamar, merapikan lemari, membuat craft-craft ringan, menonton serial atau drama Korea, membaca buku, hingga mencoba resep-resep baru masakan yang belum pernah dibuat. 

Beberapa hari belakangan ini lagi senang2nya menonton video-video di YouTube tentang-bercocok tanam. Karena di rumah ada lahan sedikit, sedikit sekali, bener-bener kecil, jadi pengen nyoba nanam beberapa tanaman yang berguna untuk kebutuhan dapur sehari-hari; cabe rawit, tomat, bawang merah, bawang putih, kunyit dan jahe. Selain itu juga lagi nyoba mbibit nenas dan alpukat karena kebetulan aja abis bikin setup nenas jadi bonggol mahkotanya iseng coba dibibitin. 


Usia 5 hari, akarnya udah mulai tumbuh

Usia 5 hari juga, bijinya mulai pecah

Tapi sayang sekali mimpi untuk punya apotek hidup ini sepertinya akan pupus di tengah jalan. Banyak bibit yang baru mau berkembang patah atau rusak karena diinjak-injak kucing. Di rumah memang banyak kucing sih, ada 5 ekor, dan pada suka main di halaman. Jadi semua ditabrak-tabrakin, semua diinjak-injakin. Ditaro di tempat yang agak tinggian juga mereka bisa manjat jadi polybag nya pada jatuh. Cuma pohon cengek yang bertahan hidup dan berbuah. Ditanamnya juga udah lebih dulu sih dibanding yang lain.

Bawang merah, usia 2 minggu, daunnya patah2 karena diinjak-injak kucing #cry
 
Tomat, sekarang udah patah juga, lagi-lagi karena diinjak kucing

Cengek, kalo ini udah agak lama sih ditanamnya..

Cengek yang udah merah

Cengek yang masih ijo tapi udah gak sabar mau panen

Masih ada beberapa bibit cabe, tomat, bawang merah dan jahe yang bertahan sih, mudah-mudahan aja bisa bertahan hidup dan tumbuh besar. Doain ya.

No comments: