Monday, December 14, 2009

Pekanbaru, Gudangnya Pengemis Gedongan


"Pak.. Pak.. Kasian Pak, belom makan tiga hari.."

Familiar dong sama kalimat di atas? Kata-kata yang biasanya didendangkan oleh para pengemis jalanan kalo lagi minta-minta. Kasian? Pasti. Iba? Ya iyalah kalo punya hati. Tapi, pikir-pikir lagi deh kalo mau ngasi. Ga semua pengemis itu hidupnya susah dan semalang yang kita sangka loh..


Apalagi di Pekanbaru, yang kata orang sih Pekanbaru ini kota dollar. Pengemis yang ada disini juga level kelas tinggi. Coba deh ngasi cepek atau gopek sama mereka. Kagak maen!!
Temen gw pernah tuh kejadian, keluar dari restoran ada pengemis yang minta-minta ke dia. Dikasi logam gopek-an sama temen gw, eh itu pengemis nge-jawab.
"Segini buk? Buat parkir aja deh." katanya sambil ngebalikin itu recehan lima ratus.
BUSET dah. Pengemis dikasi duit lima ratus rupiah nolak?? Apa ga kebangetan tuh ngelunjaknya. Tiap minta maunya dikasi minimal seribu. Seribu rupiah per orang sehari dia dapat berapa??

Ga heran kalo pendapatan pengemis itu lebih gede dari sebagian orang yang kerja keras banting tulang buat nyari uang. Bahkan pernah di acaranya Uya Kuya, gw lupa nama acaranya apa, yang pake di hipnotis-hipnotis gitu, si Uya menghipnotis seorang ibuk-ibuk pengemis yang lagi gendong anak kecil nangis2.
Sebelum di hipnotis :

Uya : Lagi ngapain bu?

Ibu : Ini anak saya nangis kelaparan om, belom makan sejak kemaren.

Uya : Ini anak ibu?

Ibu : Iya..

Uya : Suami ibu mana?

Ibu : Suami saya lagi sakit om..

Uya : Dimana suami ibu?

Ibu : Di rumah om, istirahat..

Uya : Pendapatan ibu gimana bu?

Ibu : Yah, ngemis dapat berapa sih om, paling-paling sehari dapat dua puluh ribu, pas-pasan buat makan..

Nah, itu dialog mereka sebelom si ibu di hipnotis.

Setelah di hipnotis:

Uya : Lagi ngapain bu?

Ibu : Ya lagi nyari duit..

Uya : Ini anak ibu?

Ibu : Bukan, saya sewa dua puluh ribu sehari. Kalo bawa anak bisa dapat lebih banyak om.

Uya : Suami ibu mana?

Ibu : Dirumah

Uya : Ibu punya rumah?

Ibu : Punya dong om, rumah saya di kampung gedong..

Uya : Pendapatan ibu gimana bu?

Ibu : Lumayan sih om, sebulan bisa dapat delapan juta.

BBBZZZTTTT??? DELAPAN juta?? Ngemis bisa dapat delapan juta per bulan?? Gile aje. Pegawai Negeri Sipil aja belom ada segitu gajinya. Pantes aja rumahnya gedong.

Trus kalo si ibu ini udah tajir karena pendapatan mengemisnya ntah setelah berapa lama, kenapa dia masih ngemis? Ya itu tadi, keenakan dapat duit gampang. Ga malu nadahin tangan ke orang lain dengan berpura-pura ga mampu. Allah ga suka sama orang yang gamau berusaha gitu. Udah dikasi badan sehat, lebih memilih pura-pura cacat demi dapat uang gampang.

Seperti hadits Rasululloh SAW,“Sesungguhnya meminta-minta itu sama dengan luka-luka yang dengan meminta-minta itu berarti seseorang melukai mukanya sendiri. Oleh karena itu, siapa mau silakan menetapkan luka itu pada mukanya, dan siapa mau silakan meninggalkan, kecuali meminta kepada sultan atau meminta untuk suatu urusan yang tidak didapat dengan jalan lain.” (HR Abu Daud dan Nasai)

Ok, gw ga ngerti juga arti hadist di atas. Sok keren aja pake-pake hadist. Tapi tetap aja inti dari hadist itu bahwa meminta-minta itu ga diperbolehkan. Itu sama aja dengan mempermalukan diri sendiri. Selama masih mampu, masih bisa kerja, kerjakan lah apapun itu (asal halal lho). Ga perlu malu walau kerjaannya ga keren. Yang penting dapat duitnya halal. Malu tuh sama ayam. Ayam aja pinter nyari makan sendiri, ga pake minta-minta.

p.s : obrolan Uya dan si Ibu-Ibu itu disesuaikan dengan ingatan gw yang cetek ini, jadi seadanya aja ya. xixi..

44 comments:

sugahpuff said...

boleh ngespam ngga sih disini ?

sugahpuff said...

wah. ternyata aku pertamax .

TianMuhammad said...

kalau kata orang pinter, don't judge the book by its cover, ya miuww..
dilematis juga sih, karena gw bukan tipe orang yg suka tega kalo liat orang lain susah huhu..

tapi gw paling jengah kalo liat pemuda, yg masih sehat, tegap, gak cacat, cari duit dengan cara mengemis. gw paling bisa bilang: maaf, mas.

Andie said...

hahahaha.
bener banget mir.
aku juga biasanya ngasih serebu.
jarang juga ngasih gopekan.
dan ga pernah di kembaliin. ga tau diri banget noh pengemis

apalagi kalo pengemis musiman gitu mir. beh! lebih banyak lagi dapatnya! pernah aku baca di koran. pengemis punya rumah petak 8 biji, berjejer. sarap.

*tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah*

minta duit donk, mir

Evet Hestara said...

wew..betul banget emang, malah dulu gw sempet benci banget sama pengemis, nyebelin banget mereka..
tapi ya..ilmu ikhlas tu emang susah..
see my blog ya :)

alamendah said...

Pengemis sudah menjadi salah satu profesi yang menggiurkan. Tidak sedikit yang 'sukses'

mira said...

poe : aaaaaaa... poe nyepam.

OmCep : iya omcep, walau ngomong gini aku kalo ada duit ngasi kok. cuma ya itu tadi, pengemis ini banyak yg bohong. yg berkeliaran dikampus aja, aku pernah mergokil dia nyembunyiin motornya di mesjid. masa berangkat ngemis naik motor sih?? #parah

andie : ada ya pengemis musiman? musim apa? musim duren?

evet hestara : yang penting niat kita ngasinya..

mira said...

alamendah : mengemis itu profesi ya om??

ferdivolutions said...

ehem... hati2 gunain hadist kalau u ga ngerti, moy...
ntr hadist yg u tulis td malah disangsi-in sama readers yang lain gmn? kan bisa barabe... walaupun u ngerti maksud hadist itu,, hehehe...
no offense ya...

gila ya pengemis yang dihipnotis uya, gw ga nonton... huwaaaa... pgn liat deh ulangannya..

Hijau Lumut said...

wahaaa... jadi inget artikel yang pernah kuposting dulu, mir...
Kalo mau baca, monggo klik disini

huhuhu... sayang banget aku ga nonton acaranya uya kuya ntuu... *penasaran*

kalo aku simpel aja mir, kalo lagi kepengen ngasih ya ngasih (bodo amat latar belakang mereka ngemis karna apa...). kalo ga kepengen, ya ga ngasih... huehehehe....

yang paling penting : ikhlas...

mira said...

ferdi : haha iya sorry. gw tadi nyari hadist soal ngemis keluarnya yg itu..

Hijau Lumut : iya, yang penting ikhlasnya.. :D

Vicky said...

Hm..susah nih membedakan mana pengemis gedongan, mana pengemis sungguhan. Para pengemis perlu bersatu padu supaya tidak terjadi malpraktek mengemis yang dilakukan oleh para pengemis gadungan. Mungkin mereka bisa membentuk Asosiasi Pengemis Indonesia, yang mengatur anggotanya tentang siapa aja yang boleh mengemis, berapa standar recehan yang boleh diterima, sampai melakukan advokasi untuk pengemis-pengemis yang dibuka kedoknya secara transparan oleh Uya itu..

LeBay said...

kalo duitnya dibalikin, harusnya lo tangkep aja Mir. lo kirim tu pengemis ke Jakarta biar ditangkep pas minta-minta :D

Ivan@mobii said...

Mrka lbh kaya, tp lbh hina dan g pnya malu. Msh shat tp ngemis. Kalu bgtu, kita serahkan saja kpd yg d Atas. (genteng? Bukan. Tp Tuhan. :) ! Nice post buu pejabt. Amin

Noor's blog (inside of me) said...

Dikasih gope ngga mau...!? wah...sungguh terlalu tuh pengemis...

Clara said...

widihhhhh....delapan juta?
ogut juga mau dapet segituuuuu
tapi males lah kalo cuma modal ngemis, ogut mau yang lebih elit dong...ngerampok misalnya *ups salah* maksudnya cari kerja lahhh, hihihihi....

-Gek- said...

Masak iya, ya.. pengemisnya kayak gitu.. tega.. udah untung dikasi 500, ck ck ck ck

Ikutan kontes juga ya Mir, good luck! :)

zeki said...

gw ga pernah mau ngasih pengemis di jalan atw yg datang ke rumah. gw cuma nyumbang tiap shalat jumat buat mesjid dan anak yatim. udah! dapat pahala deh. kalo pengemis d jalanan ya kayak gt. lebih kaya, rumah lebih besar, istri lebih banyak.

peringatan zeki : memberikan sumbangan dijalan/lampumerah = membiarkan mereka tetap dijalanan = not a sollution for social problem.

caca said...

sebulan 8 juta??? gileeeee...!!!
hebat... pada sukses..

mira said...

vicky : ho'oh, keren banget kan acaranya kuya itu..

LeBay & Ivan & Noor: beneran dibalikin, disuruh kasi ke tukang parkir aja. bertingkah banget kan?? tukang parkir aja kerjanya masih halal dikasi limaratus sukur..

Caca & Clara : itu sih yg ketangkep di acara nya kuya, kalo yg lain gatau juga kan.bisa kurang, atau malah lebih? #halah..

Gek : beneran ditolak mba. parah..
he3.. iya makasi doanya.. :D

Zeki : tapi kasian juga liat yg di jalan itu om. apalagi yg cacat. cuma kita gatau cacatnya beneran atau dibuat2.. atau malah kyk yg di slumdog, ada cukongnya yg sengaja bikin cacat. makin kasian kan.. ;(

Elsa said...

aku sih gak seberapa suka sama acara uya yang ini. tapi episode menghipnotis pengemis tuh, patut diacungi jempol deh. salut buat uya... buat satu episode aja

ratna wulandari said...

ih..gitu bgt ya si tukang minta2nya..

berarti sama aja di jogja..

kadang ada juga tuh yg kaya gitu..di kasih 5 ratus..duitnya malah di lempar..

gag bersyukur bgt. kalo enggak mau dikasih gitu ngapain minta2 ya..mending kerja aj..duitnya bisa dpt bnyk.

ratna wulandari said...

eh..aku baru baca yg di hipnotis sam uya itu mir..

gilaa...8 juta??

ih..emang pengemis gag tau malu..

Lina said...

hoho...nggemesin emang.

Powerrangga said...

emang tuh nyebelin!!!
yg lain susah2 nyari duit mreka malah dpet segepok dari hasil nipuu grr..

tapi gw suka kasian sih klw liat ibu2 bawa anaknya sambil ngemis.rasanya giiimanaaa gituu

ataaaaa said...

si andie ngasih ngarep kembalian. baruuu tauu aku akakaka :))

ya mir. di jakarta juga banyak kok yang kaya gituuu. hih heran! kata bundaku juga sehari aja mereka bisa ngumpulin duit 500-an sampe 500ribuan lohh. huee. kalah kita, padahal kerjaannya cuma muter muter doang :((

kapan Indonesia mau maju kalo begini caranyaa?

Ikan-Laron-Semut said...

ya benar..
Allah lebih mencintai hambaNya yang berusaha meskipun hasilnya sedikit..

jAdi lebih baik mulai sekarang kita kita memberi orang2 yang susah namun masih berusaha.. seprti tukang sapu jalan, pemulung, satpam, dll.

SeNjA said...

8 juta sebulan ???? uupss...kayanya aku setuju tuh dgn aturan pemerintah yg melarang kita ngasih uans sm pengemis. buat mereka kian malas,toh kalo kita mau sedekah masih banyak caranya....

putrijeruk said...

hahaha aku nonton nih pas yang ini..

penipu banget -____-
jadi males ngasih pengemis
dideket rumah juga ada, eh waktu itu pernah liat dia jalannya normal, ga cacat. ga simpati lagi deh

ALRIS said...

Busyeeeet....ngemis bisa dapat delapan jeti??? Gw yang kerja & usaha jungkir balik gak dapat setengahnya. Pantes lah di kampung punya rumah gedong ukuran kampung, ya.Tapi gw gak mo jadi pengemis, maunya jadi tangan dibawah.
Salam kenal.

gutken said...

emang kali pengemis sekarang gadungan. lo tahu gak di madura ada pengemis rumahnya gede gitu. tahe banget. makanya gw kalo ama pengemis gue diemin aja gitu.
waktu itu ada yang sehat2 aja kan, tapi minta2. dimarahin ama nyokap gue, "APE? LO MINTA-MINTA? NGGAK MALU SAMA DIRI SENDIRI? MASIH SEHAT JUGA. KERJA DONG!" gile kan mak gue marahin tukang minta2 gitu

mira said...

Elsa said...
elsa :n TV.. kebetulan nonton yg itu..


ratna wulandari : nyebelin banget kan na, dikasi malah bertingkah..

Lina : banget mba..


Powerrangga : iya kasian juga, soalnya kan ada yang benar2 membutuhkan juga sayangnya kita belom bisa bedain yg mana yang benar2 butuh..


ataaaaa : andie gilo!! ngasi kok ngarep kembalian wakakak...


Ikan-Laron-Semut : sip om! setuju !!


SeNjA : iya, lebih baik ngasi ke mesjid kayak yang dibilang zeki itu ya mba..

putrijeruk : nonton ya ikrima? haha/.. kaget banget ya..


ALRIS : iya, jangan mau nadahin tangan om. malu sama ayam. #halah


gutken : gokil emak lu ken!! kalo emak gw mah kasianan banget orangnya. ada yg gituan dikasi mulu..

Ra-Kun said...

di pekan baru itu, pengemis pada pake HP... =_=

ini sebenarnya kan udah rahasia umum ya. tapi kok gak ada tindakan dari pemerintah atau aparat gitu ya...
toeng???

mira said...

Ra-Kun : iya, pake motor malah. aku pernah mergokin ada pengemis yg sering minta2 di kampus nyembunyiin motornya di mesjid. -__-'

tuannico Liebert said...

komen singkat aja deh.. mumpung diwarnet..

nanti ya baca nya.. haha

wandy.popok said...

berhubung post km sama postnya lendra mirip, aku juga komennya mirip nih miw :p
*langsung kopipes*

Kalo aku mah kalo ada yang minta ya kasi aja. dipake apa uang itu nantinya, bukan urusan kita lagi. tapi urusan dia sama Allah.
dan juga, urusan kita sama Allah juga selesai mengenai itu.

aku selalu percaya, "tukang minta2" itu pintu kita buat bersedekah, membakar dosa.

begitu..

sotoy ya miw? hihihi maaf :p

mira said...

tuannico : omnic makasi udah mampiiirr!! >,<

popok : setuju kok pok, emang yg penting itu niat kita. dan ikhlas. :)

Willyo Alsyah P. Isman said...

ow begitu ya...tapi emang ga' dimana2 sih, disetiap daerah ada aja pengemisnya

GreatQo said...

haha, tulisan ko dah mantap Mir.
masa sih pengemis sini dikasi receh 500 gamau? Biasanya aku embat aja kok.
Hahahah.

mira said...

willyo : iya, mereka ada dimana-mana. #halah

greatqo : beneran dhe? hihi.. #senengdipuji #halah

Lisha Boneth said...

iya tuuuhhh... aku jg inet pas awal tahun lalu ke p.baru

pas maem di rmh makan padang gituh.. eh ada pengemis... kebiasaan di Jakarta ngasih serebu mah masih pake terimakasih plus doa-doa panjang dari sang pengemis, ehhhh pas mau kasih, liat ngeliat isi kantong uangnya 10rb-an smuwa, paling kecil 5rb-an.. terpaksa deh akika mengurungkan niat.. malu-maluin juga kali ngasih segitu disana.. ahahaha

mira said...

Lisha : haha.. kalo duit segitu mah biasanya ditukarin sama rumah makan. mana ada yang mau ngasi mereka sepuluh rebo lis.. rumah makan butuh pecahan seribuan, trus dituker deh sama si pengemih itu.. begitu trik nyaa.. #halah

Lisha Boneth said...

oladalahhh... kirain emang orang2 pada ngasih segitu.. ai kan jadi berkecil hati ngasih seribu perak.. hehehe

mira said...

bhahahha.. terserah kita dong mo ngasi berapa, yang penting kan ikhlas. :D