Thursday, January 14, 2010

Wanita dan Emansipasinya


Emansipasi. Apa sih arti emansipasi itu sebenarnya? Kalo kamu cewek pasti familiar banget dong sama kata yang satu ini. Emansipasi itu ada karena adanya ketidakadilan yang diberlakukan kepada para cewek, adanya ketidaksamaan hak yang dimilik perempuan dengan laki-laki dengan alasan gender. Maka emansipasi adalah suatu pemikiran yang bertujuan menyamakan hak-hak perempuan dengan hak laki-laki, membela dan melindungi hak-hak tersebut.

Kalo zaman Siti Nurbaya dulu, eh ngga ding. Salah cerita. Kalo zaman Ibu Kita Kartini dulu, fungsi perempuan itu : melayani suami, hamil, ngurusin anak, masak dan ngurusin rumah, dll. Ngga boleh sekolah, mau kawin aja pake dijodohin dulu. (eh bener juga contohnya Siti Nurbaya).
Nah, sekarang berkat Ibu Kita Kartini, cewek udah boleh belajar, sekolah, kerja, bebas deh mo ngapain aja. Tapi rasanya masih aja ngga adil. Kenapa? Kalo menurut saya sih ga lain karena para perempuan ini sendiri.

Kadang saya suka sebel sama kata emansipasi. Sama cewek-cewek juga. Mereka selalu menyorak-nyoraikan emansipasi dimana-mana. Menuntut hak mereka disamakan dengan laki-laki. Menuntut supaya mereka tidak lagi dibedakan dan didiskriminasi. Tapi sadar ngga sih kalo cewek-cewek ini mau enak nya aja. Menuntuk hak yang sama tapi kewajiban ngga.

Contoh: Kalo cewek sama cowok makan bareng, pasti ada etika dimana si cowok yang harus bayar. Cewek enak-enakan makan, yang kering dompetnya yang cowok. Contoh lain, kalo ada cewek bawa barang berat terus ada temen cowok nya liat ngga bantuin, pasti si cowok ini bakal dijelek-jelekkin. Ngga punya perasaan lah, ngga gentle lah. Banci lah. Lah katanya emansipasi? Belom lagi kalo dari segi hukum. Suami kalo punya duit, duit bersama. Istri kalo kerja, ga ada kewajiban duitnya harus dibagi ke suami. Istilahnya milikmu milikku, milikku ya milikku. Berasa ga sih kalo disini justru para pria yang di diskriminasi kan?

Tapi sepertinya cewek sama cowok ga bakal bisa sama deh. Kodratnya aja udah beda. Dalam Islam juga, laki-laki adalah imam. Dia lah sang pemimpin. Tapi Islam ga mendiskriminasi perempuan lho, justru Islam sangat menghargai perempuan. Dan laki-laki itu ada untuk melindungi perempuan. Dan soal hak, sama sekali ngga ada perbedaan. Kita ada di garis horizontal. Sejajar. Haduh, pusing. Kok jadi berat gini bahasannya?

Udahan ah! Intinya, wahai kalian para gadis. Kalo benar-benar mau disamain sama cowok, jangan cuma enaknya doang dong. Buktiin sama cowok-cowok itu kalo kalian emang bisa. Jangan manja. Jangan cengeng. Kalo perempuan masih aja menye-menye, manja, suka nangis, suka nuntut, gimana cowok-cowok itu mau percaya kalian mampu? Lah apa-apa masih ngarep dari cowok ini.

52 comments:

diandian said...

PERTAMAX

Andie said...

setuju bos!! maunya sekali2 cewek yg bayarin cowok #ahem. hehe. traktir kopimahal dong miirr... kita kan pacaran. huahahaha.

miwwa said...

dian : oi oi jangan nyampah, komen yang mutuuu >,<

andie : gigimu itu! aku udah penuhin janji traktir rotiboy. mana janji sate mu?

diandian said...

aku bangga jadi anak indoesia

tuh komen yang mutunya hahahahahahhaha

alamendah said...

(maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!
satu cerita; ada seorang cewek naik transjakarta. lantaran sudah penuh ia berdiri sedang di dekatnya ada cowok yang duduk.
Tal lama si cowok mau berdiri, tapi dengan tenang si cewek bilang "gak usah", sambil menekan pundak si cowok. Cowoknya diam aja lantas duduk kembali.
Kejadian itu terulang sampai tiga kali. Gilira yang keempat kalinya si cowok digituin, cowok itu ngomong.
"Tolong biarkan saya berdiri. Seharusnya saya sudah turun sejak satu jam yang lalu"

The Happiness Faktory™ said...

dua jempol untuk miranty :)

Pakian Adat Melayu Riau said...

numpang lewat yah....
mana oleh2 Medannnnnnnnnn..!!!!!!

Aditya's Blogsphere said...

Kayae ga masuk tuh miw.......thanks yah......aq mau buat posting baru jd trar janji deh kemari lg.....

miwwa said...

diandian : haha.. dasar. #getok


alamendah : wahahah.. kalo itu namany keGRan mas. haha..

The Happiness Faktory™ : tengkyu om mul. :')


Pakian Adat Melayu Riau : #lemparjerukberastagi

Aditya's Blogsphere : saya komen balik mas!! okok, ;)

Hijau Lumut said...

Wahaaa.... nice posting mir...
I'm in the same boat as You...

Anyway, berarti ini termasuk tradisi "ladies first" (bener ga sih tulisannya?) kan ya? ;)

tuannico Liebert said...

wah. diposting juga. :D

setuju banget.
kaLo mau emansipasi, jangan cuma menuntut hak disamakan, tapi kewajiban juga.
dan jangan jadi perempuan yang manja.
haLah.

udah ah, suka susah komen di bLogspot :)) sering gagaL -.-'

nanan.ya.nanan said...

wajar lagi co2 itu yang membiayai cewek. karena, cewek hidup ya untuk melayani suami nantinya, suami itu imam jadi wajib diikuti semua kata2nya. tugas cowok emang cari nafkah kok. lagian juga secara fisik, cewek emang lebih lemah daripada laki2, jadi laki2 emang harus ngerjain kerjaan yang berat2. dalam Islam juga dilarang untuk seorang suami memakan uang istrinya mirah....tapi sebaliknya istri haram membelanjakan uang suami untuk ibunya sendiri kalau gak izin suami. itu semua fair kok...banyak beban yang ditujukan untuk perempuan, gak hanya sekedar hamil, melahirkan, merawat anak, jadi WAJAR laki2 yang semua2nya itu. kewajiban kita sebagai perempuan ya mengabdi pada suami, anak, keluarga. emansipasi gak pernah salah, kita sebagai perempuan harus bijak menyikapinya. laki2 juga harus ngerti, membantu perempuan untuk jadi perempuan yang baik, jangan cuci mata melulu di luar rumah (jadi emosi, heheheeee)

Laston M Nainggolan said...

masukkan saya ke blogroll, SEKARANG juga, hehhhheh.. salam kenal ya..

Ivan Kavalera said...

Sebuah tulisan inspiratif. Hidup perempuan Indonesia.

miwwa said...

Hijau Lumut : yap! etika ladies first termasuk di dalamny mba. :)


tuannico Liebert : nyiiii.. makasi udah disempat2in mampir om!! #memaksamencium


nanan.ya.nanan : speechless liat komen nanan sepanjang-panjang tali beruk. sabar nan, istighfar!! #halah

Laston M Nainggolan : #ahem

Lina said...

sepakat mir, kalau mau disamain ya jangan nuntut hak doang.
hem, jaman pacaran dulu saya nggak mau tuh dibayarin mulu. gantian kita. kalo dia bayar makan, saya bayar nonton. atau sebaliknya. nggak mau dung, diremehin. hehehe

adityahadi said...

terima kasih banyak yah mbak sudah menyuarakan suara hati para pria ini, abis kalo kita2 sebagai cowok yg ngomong ntar dibilang gak dukung emansipasi ... menomor duakan wanita atau apalah ... padahal maksudnya kan gak gitu ^^

Aulawi Ahmad said...

aku setuju banget dengan tulisanmu ttg emansipasi ini, semoga banyak wanita yg lebih mengerti makna emansipasi :)

miwwa said...

Ivan : makasi ivan.. :)


Lina : bener mba! kalo mau gantian! aye!!


adityahadi : ahahah.. ternyata para pria sudah lama merasa di diskriminasikan ya om??

Aulawi Ahmad : semoga. amin. x)

nakjaDimande said...

hakikatnya perempuan dan laki-laki itu sejajar saling melengkapi.

ciee, senangnya anak bundo bahasannya makin hari makin manteeeppp..! bravo mira.

Arman said...

iya bener tuh...

mungkin awalnya emansipasi yang diperjuangkan Kartini ya untuk kebebasan memperoleh pendidikan kali ya... tapi trus jadi banyak disalahartikan demi keegoisan perempuan jaman sekarang. ya gak semua gitu sih, tapi ada aja kan yang begitu.. hehe.

gua setuju ama lu. masing2 ada kodrat nya lah... :)

anyin said...

kecaman sama sebagian cewek, oleh cewek^^

hu uummm setuju dehh.

kenapa wanita ini ga boleh itu ga boleh? apa2 harus izin, keluar sembarangan ga boleh? bukan krn masalah laki2 lebih punya kuasa.. tapi.. bukankah sesuatu yang berharga itu mesti dijaga? ya.. begitu sayangnya Allah sama wanita :)

anyin said...

betewe baby adopter tinggal klik makannanya aja udah kenyang miw.. kalo staminanya udah dibawah 30^^

zee said...

Syukur deh saya sebagai perempuan bisa dibilang cukup mandiri. Jarang sekali minta bantuan lelaki, hamil aja nyetir k ktr sendiri, ke dokter jg sndiri. Dulu perbaiki telepon putus di rumah jg sendiri. Apa2 sendiri, mgkn krn didikan orangtua utk mandiri, jd rasanya fine2 aja ga perlu cowok banged2..

Kecuali klo angkat beras di karfur, iya saya ga mau. Kan ada petugas, itu tugas mereka, daripada saya turun perut angkat karung isi 20kg. :D

minomino said...

wah...contoh tas cewe dibawain cowo asik tuh...menggelikan banget memang kalo diliat2...udh gagah2 bawain tas cewe, kn g lucu... :D

yah jangan sampe emansipasi berubah jadi eman si sapi ya...
(loh?)

miwwa said...

nakjaDimande : bundo cerdas! itu dia kalimatny. laki-laki dan perempuan itu saling melengkapi!! kemaren mikirin itu ga nemu-nemu kalimatny padahal sederhana banget ya hehe..


Arman : sip mas! kalo mau emansipasi jangan setengah-setengah!! #halah


anyin : cewek dilarang-larang di beberapa hal ada baikny juga ya nyin. biar ga liar gitu. nyihihihi..


zee : wah kalo mba zee ga ragu deh. peng-emansipasi sejati!! tangguh! haha..

minomino : emang si sapi? haha.. mino kocak..

QueeniieAngeLa said...

wottttt??? nenek telaaattt!!!!

oke. biarkan nenek berkomentar #halah

kalau mau menilik sejarah, lahirnya emansipasi itu kan untuk menuntut hak persamaan kesempatan dalam Belajar/Menempuh Pendidikan. tapi sayangnya, perkembangan kata "emansipasi" menjadi suatu excuse bahwa seorang perempuan bisa sejajar dengan laki-laki dalam segala hal. inilah yang kemudian disayangkan. misleading meaning :)

ayo, tetap jadi perempuan yang mandiri. namun, tetap sadar kodratnya sebagai wanita, yang kelak harus ikhlas dipimpin laki-laki sebagai suaminya!

jilbab said...

ada apa dengan islam?

Laston M Nainggolan said...

ada perbedaan yang ga bakal bisa disamakan, tapi ada perbedaan yang bisa disamakan...

ataaaaa said...

muakakaaa~ ngakak baca commentnya nanaan. bikin shock ajah. ehh itu lagi si andie, kamu kan pacar aku kok jadi selingkuh sama istri tua sih #melirik mira.

Kang Sugeng said...

Betul sekali Non... sudah kodratnya kalo wanita itu harus rela menjadi makmum dari kaum lelaki.

SeNjA said...

setuju dgn alinea terakhirmu dik,..semangat !! kita jgn mau kalah dari para cowok meskipun kita jg tidak boleh melupakan kodrat kita sebagai wanita yaaaa.....

Noor's blog said...

Wah...yang kayak begini nih, yang bang Pendi cari...( ude ade yang ngelamar belum non...!? )he...he

Met sore & met istirahat...

Powerrangga said...

ho'oh,gw stuju banget!
cewek yang kaya gitu cuma mau enaknya ajah.Kalau emang mau disamain ya harus siap konsekuensinya dong...

GreatQo said...

setuju.
Betil tuh, untung ada wanita yang sadar yah.
hahahaha.

miwwa said...

QueeniieAngeLa : iya nek.. #manggutmanggut



Laston M Nainggolan : setujuhhh!!


ataaaaa: nanan komenny niat banget ya ta haha.. #ahem iya deh yang baru jadian.. andie yg suka sayang-sayangin aku loh..aku sih emoh!


Kang Sugeng : :)


SeNjA : iya mba..


Noor's blog : haha bang pendi bise aje.. mpok mumun kan ade.. :P

Powerrangga : HIDUP PEREMPUAN! loh?

miwwa said...

greatqo : wo~ tumben mampir kesini? kan belom kelar ujian kok sempat2 ny BW sih? #lemparbukukimiaorganik

Kendra Rabih said...

ihiii :) mampir ke blog gue yg satunya ya monsterchickawards.blogspot.com ada award buat sampeyan!

sugeng said...

saya sangat mendukung emansipasi wanita asal msih tetap dalam koridornya :D
Salam kenal seta jabat erat selalu dari Tanah Lot

miwwa said...

gutken : sip mbah. eh ga nge-tweet katany mo ujian, tapi sempat2ny nge-blog? ahaha..

sugeng : salam kembali mas. tanah lot dimana ya? maap geograpi saya jelek. heu^^

Clara said...

betul!
karena itu aku ga gitu permasalahin kalo cowo ga bayarin aku makan, eh tapi kalo udah jadi pacar, boleh dong sesekali bayarin? ehehehe

Ivan@mobii said...

Maap telat mampir buu. Ak akan bergairah dgn wanita2 mandiri... Uhui.

Ivan@mobii said...

Maap telat mampir buu. Ak akan bergairah dgn wanita2 mandiri... Uhui.

F i K a said...

nice post!! couldn't agree more!!

mau diapain juga cewe' ga bakal mungkin bisa disamain ama cowo'..masing2 punya kapasitas dan kodratnya masing2..
ngomongin ttg emansipasi,gw sndiri krg stuju dgn jatah kursi perempuan di DPR&pemerintahan hrs ditentuin brp persennya..mnrt gw ini justru ngebuat cewe'2 yg ga berkompeten akhirnya masuk ke pemerintahan hanya utk memenuhi quota..itu cth emansipasi yg salah menurut gw.. *jadi curcol ini :p*

ttg bayar membayar pas pacaran..gw ama cowok gw ud hampir 8 tahun pacaran..kebayang ga klo dia terus yg bayarin?hahaha..jd skali2 cewe' yg bayarin atau paling ga bayar sendiri2 ga ada salahnya koq..hehehe

michelle_ said...

I'm proud to be an indonesian too !
You have a very lovely blog dear :)
Am glad to have seen ur bloggg

Xoxo
Glisters and blisters

miwwa said...

Clara : tergantung niat sih kalo itu clar, kalo cowo ny maksa gimana lagi hehe.. tapi ga boleh terus2an!! paling enak bayar masing-masing.


Ivan@mobii : jangan bilang kalo kamu bergaira padaku? #halah #ditimpukbata


F i K a : yup yap! agree with u too fika!!

michelle_ : thanks for visiting my blog michelle. we r proud to be an indonesian. :)

Lisha Boneth said...

aku nggak cengeng koq miiirrr...

klo nggak percaya, tanya aja sama suamiku..
hahahaha kurang kerjaan banget yahh??

Veren Hendra Lie said...

thanks ;D
i think u must try to write in english for more readers on your blog :)
or if u can't, use google translate app on your blog ;D

cheers,
a little princess

superyon said...

@diandian selamat atas pertamax nya... #ngiri
#teror
#apasih

superyon said...

komen sesungguhnya:

SEbenarnya semua telah adil di atur yang Maha Kuasa..

>>cowok tukang bayarin dan angkat barang..
>. cewek tukang urus anak dan masak, nyuci dll

secangkir teh dan sekerat roti said...

eh, ketemu lagi... ini yang saya cari2 dari kemarin artikelnya, hehhe

rental mobil said...

kunjungan perdana bro..