Friday, September 29, 2017

The World of Ghibli Jakarta

Sudah sejak lama saya menyukai karya-karya keluaran Studio Ghibli, terutama Totoro. Jadi begitu mendengar bahwa tahun ini mereka akan mengadakan exhibition besar-besaran di Indonesia, I was extactic!! Rangkaian yang diberi tajuk The World of Ghibli Jakarta ini dimulai dengan penayangan film-film Ghibli di bioskop-bioskop hampir seluruh Indonesia mulai April lalu (Spirited Away, My Neighbor Totoro, Ponyo, Princess Mononoke dan Howl’s Moving Castle), diikuti dengan exhibition besar-besaran yang diadakan selama 39 hari di ballroom Hotel The Ritz-Carlton Pacific Place Jakarta di tanggal 10 Agustus hingga 17 September. Euforia nya benar-benar kerasa!

Berkat The World of Ghibli Jakarta ini, saya akhirnya berkesempatan untuk menonton beberapa film Ghibli di bioskop. Biasanya kan nonton di layar kecil, di PC atau TV, kali ini bakal nonton di layar lebar! Pertama kali menonton My Neighbor Totoro di layar besar saya benar-benar terperangah. Dunia Ghibli yang selama ini hanya saya lihat di layar 14 inch tiba-tiba berasa begitu nyata dan memenuhi indra penglihatan dan pendengaran. It felt so real. Saking merinding dan happy nya, sampe hampir nangis. Well, kayanya nangis dikit sih.

Untuk exhibitionnya sendiri, saya janjian dengan Kenny dan beberapa orang teman untuk pergi ke sana. Tanggal yang kami sepakati 6 September,  H+27  sejak exhibitionnya pertama kali dibuka. Tapi belakangan kami bersyukur memilih  datang belakangan karena di awal-awal exhibition ternyata masih banyak instalasi karakter  yang belum selesai. Dikasi kompensasi untuk datang satu kali lagi sih, but it wouldn’t be that easy buat yang bekerja dan tinggal di luar kota.

Hari yang dinanti-nanti pun tiba, saya sudah gak sabar seharian buat segera ke venue acara. Begitu memasuki lobi Pacific Place saja euforianya udah kental aroma Ghibli. Ada balon raksasa Totoro yang sangat besar melayang di udara. Ada tatanan logo The World of Ghibli juga di sana. Baru sampe sana aja udah deg-degan parah.



The Huge Flying Totoro

Sesuai dengan tema acaranya, The World of Ghibli, the moment I stepped into the ballroom of Hotel Ritz-Carlton, benar-benar berasa kaya melewati portal menuju dunia lain, portal menuju dunia Ghibli! I was at awe!

Ruangan pameran dibagi menjadi 3 ruangan. Di ruangan pertama, pengunjung bisa melihat dan membaca sejarah Studio Ghibli; mulai dari bagaimana terbentuknya Studio Ghibli ini, siapa saja pilar-pilar utama dibalik Ghibli, apa saja karya-karya awal mereka, dimana titik balik bangunnya studio ini, kenapa logo utama Studio Ghibli adalah Totoro,dll. Selain itu di ruangan ini juga dipamerkan poster-poster asli dari film-film yang mereka keluarkan dan goresan-goresan awal dari setiap filmnya, pembangunan karakter utama hingga jadi yang seperti sekarang, juga foto-foto dari meja kerja sang maestro, Hayao Miyazaki-sensei. Baru sampe di ruangan ini saja saya sudah sangat sangat merinding. Terharu banget bisa tau detail sejarah terbentuknya Ghibli dan juga melihat bagaimana usaha mereka supaya studio ini bisa berdiri. Juga dengan moto mereka yang tidak mau terbawa arus mengikuti demand/selera penonton hanya demi mengejar profit. Di ruangan ini pengunjung dilarang menyentuh dan mengambil foto, jadi gak ada foto-foto ya.

Ruangan kedua adalah screening room. Jadi di ruangan ini diputar trailer/cuplikan-cuplikan singkat dari film-film Ghibli yang waktu itu juga ditayangkan di CGV Pacific Place. Saya cuma sebentar di ruangan ini, nonton trailer Princess Kaguya karena saya belum nonton filmnya.

Ruangan ketiga, ini yang paling ditunggu-tunggu, ruangan instalasi karakter! Konon katanya kalo di Museum Ghibli yang di Jepang dilarang mengambil foto, namun karena pihak penyelenggara sangat mafhum dengan tabiat pengunjung Indonesia yang sangat suka berfoto, mereka mengajukan permohonan ke pihak Ghibli Jepang supaya diperbolehkan mengambil foto di ruangan ini. Terima kasih penyelenggara Indonesia, berkat kalian maka foto-foto ini ada!


The Kusakabes' House

The Nekobasu

Tonari no Totoro

Gutiokipanja from Kiki's Delivery Service

Kenny's Delivery Service

Howl's Moving Castle


852235229_150695
Tampak samping. Tingginya 8,5m lho!

Robot from Laputa the Flying Castle

Instalasi-instalasi karakter yang ada di sini keren-keren banget! Mulai dari film favorite saya, My Neighbor Tororo, yang paling banyak dibuat. Ada Totoro dan Nekobus ukuran asli yang bisa dipeluk, ada rumah keluarga Kusakabe, ruang kerja Kusakabe san yang sengaja ditata  berantakan sesuai dengan di film. Untuk buku-buku nya saja sampe dibawa dari Jepang lho. Ada teras samping nya yang juga kece banget buat foto-foto. Ada sepeda ontel Kusakabe san. Juga ada susuwatari yang bersembunyi di sudut-sudut rumah dan chibi Totoro yang bersembunyi di bawah rumah.

Instalasi favorite saya di sini adalah Howl's Moving Castle. Detailnya luar biasa keren dengan mata dan lidah yang bisa bergerak. Instalasi ini dibuat di Indonesia oleh pengrajin lokal lho. Dan katanya sakin detailnya, setelah exhibition selesai, akan dibawa ke Jepang untuk dipajang di Museum Ghibli di sana. Sugoi desu ne!

Masih banyak karakter-karakter lain yang semuanya keren dan ingin saya jabarkan detailnya, namun sekarang belum sempat. Mungkin nanti akan dibuat satu postingan tambahan atau postingan ini saja yang diedit dan ditambah jadi makin panjang? Hahaha.

Saya bersyukur sekali exhibition ini diadakan dan saya berkesempatan buat berkunjung. Ini akan jadi salah satu momen tak terlupakan yang akan selalu saya ingat. :')

1 comment:

andreas said...

wah bagus banget.. jadi pingin kesana nih