Friday, December 26, 2014

Holigram Hari 1: Winter Wonderland

Seperti yang sudah saya sebutkan di postingan ini, liburan kali ini center kami mengadakan dua hari program liburan buat anak-anak dengan tema hari pertama Winter Wonderland dan tema hari kedua Pingu Goes to the Air Force Base. Di postingan kali ini saya akan cerita tentang hati pertama saja dulu ya. Postingan hari keduanya nyusul. Kapan-kapan. :p

Karena hari pertama bertema winter, sedangkan Pekanbaru itu panas banget, maka misi utama kami adalah menyulap center menjadi mirip dengan wilayah kutub. Well, udah mirip sih ya karena ada penguin di sana sini dan ada igloo nya, tapi tetap masih butuh sentuhan supaya kesan winternya lebih terasa. 

Maka tersebutlah semenjak dua bulan yang lalu para teacher di Pingu sudah mulai melakukan berbagai macam riset, mulai dari bagaimana membuat salju bohongan, mencari template snowflakes dan snowballs, membuat manusia salju buatan, membuat perapian buatan, hingga trial error membuat craft-craft apa yang cocok dan berguna dengan tema Holigram kali ini.

Dua bulan terasa singkat, tau-tau hari yang dinanti-nanti datang juga. Sejak pagi seluruh pendingin ruangan di center sudah dinyalakan full blast. Begitu memasuki center berasa banget kalo udaranya dingiiiin dan bikin menggigil. Yang terbiasa dengan udara Pekanbaru yang super panas mah bakal kaget banget. Beruntung Miss Airin membawakan kami berbagai macam pakaian musim dingin untuk dipinjamkan seperti gloves, syal dan woolen hat. Miss Airin punya banyak karena beberapa tahun yang lalu dia dan keluarganya sempat mengunjungi China di musim dingin, jadi amunisi pakaian musim dinginnya lumayan lengkap.

Dekorasi center di hari pertama

It looks nice, doesnt it?

Teacher-teachernya kedinginan :)))

Pukul 8.30, anak-anak mulai berdatangan. Lumayan surprised dengan anak-anak yang outfit nya pada totaaaal banget sesuai tema. Ada yang pake jacket dan syal, gloves dan woolen hat, ada juga yang berpakaian ala ala Queen Elsa dan Princess Anna. Memang di rundown acara yang kita bagikan ke orang tua disebutkan bahwa dress code nya adalah winter fashion dan ana-anak diminta memakai pakaian musim dingin karena selain udara di center akan cukup dingin, juga akan diadakan fashion show buat anak-anak dengan hadiah 3 merchandise dari Pingu untuk 3 anak yang paling berani. Kategori pemilihannya cuma satu, berani aja. Karena tujuan kita lebih ke men-encourage anak supaya mereka berani dan percaya diri buat tampil.


Le kids and their winter outfit


Princess Anna, Kristof (?), mini Princess Anna,  and mini Queen Elsa :))

Pukul 9 acara kita mulai. Sebagian besar anak masih belum datang, tetapi kita sudah commit untuk membiasakan para orang tua untuk datang tepat waktu, jadi walaupun masih sebagian kecil peserta yang datang, acara langsung kita mulai. 15 menit pertama acara diawali dengan warm up. Diiringi dengan nursery rhymes yang sudah akrab di telinga mereka, anak-anak dengan penuh semangat mengikuti Miss Nosi yang memimpin acara. Setelah 15 menit berlalu, it's time for the fadion show! Terdengar biasa, tapi kalo liat sendiri bagaimana anak-anak yang usianya masih rata-rata 3-7tahun ini beraksi, kocak banget lho. Ada yang percaya diri, ada yang malu-malu dan gak mau lepas dari orang tuanya, ada pula yang cuek dengan sekeliling dan mondar-mandir saja.

Celebrazy, this was Khalid, one of our bravest kids who wins the merchandise
Best outfit of the day 
45 menit dihabiskan untuk fashion show dan foto-foto di photobooth. Pukul 10, anak-anak mulai dibimbing untuk masuk ke ruangan masing-masing. Classroom activities nya sendiri memakan waktu satu jam dengan rincian acara watching video about winter, crafting 1, playing games (whisper-whisper and action card), crafting 2, dan ditutup dengan minum coklat panas dan marshmallow di depan perapian. Karena di acara kali ini saya gak kebagian in charge kelas, instead i was in charge of supervising the whole event, maka saya gak akan cerita tentang kegiatan anak-anak selama di dalam kelas. Karena saya sendiri cuma memantau dari CCTV. Tapi dari keseluruhan acara berjalan lancar dan anak-anak  did look all happy and excited. 

Sipping the hot chocolate in front of the 'fireplace'

Pukul 11 anak-anak kembali diajak berkumpul di Pinguland untuk menyaksikan ballet performance oleh para siswa dari En Pointe School of Ballet. Kita sengaja mengundang anak-anak dari En Pointe ini sebagai kejutan. Ada 4 performances yang mereka bawakan and thankfully the kids seemed to enjoy the show. Thank you, En Pointe School of Ballet.



Setelah selesai menonton ballet, acara diambil alih kembali oleh Miss Nosi sebagai MC buat closing. Sebelum pulang anak-anak kembali diingatkan untuk datang tepat waktu keesokan harinya dan acara pun berakhir dengan gembira. 

3 comments:

danirachmat.com said...

Seru banget sih barengan ama anak-anak kecil gitu berkostum winter. Bisa bayangin panasnya Surabaya trus langsung masuk ruangan dingin. Hihihi.

Elsa said...

woooowww....
bener bener kelihatan winter yaaa

bagus banget dekorasinya
dandanan anak anak juga keren

Teguh Budianto said...

Seruuuuu!!!
Untungnya pada niat pake pakaian winter ya, kalau ngga bisa-bisa pada masuk angin miw.